Kamis, 24 Januari 2013

PROSES PEMBAKARAN MOTOR BENSIN


di dalam satu mesin bensin, campuran udara bahan bakar yang dilakukan dalam karburator yang kemudian di manpaatkan tidak cukup menghasilkan panas untukmemulai pembakaran. mesin bensin di lengkapi dengan busi yang digunakan untuk menyalakan campuran udara bahan bakar guna menghasilkan pembakaran.


LANGKAH KERJA MOTOR 4 LANGKAH

1. langkah hisap
siklus di mulai dengan langkah hisap.pertama katup masuk membuka pada waktu yang bersamaan piston bergerak ke titik mati bawah atau BDC (bottom death centre ), menarik udara kedalam ruang bakar. poros engkol berputar 180 derajat atau setengah dari putaran poros engkol. sementara katup buang masih dalam keadaan tertutup.
2. langkah kompresi
langkah kedua adalah langkah kompresi dimana salah satu katup nya tertutup. piston bergerak ke titik mati atas atau (TDC), kemudian udara yang terkurung dalam silinder akan di mampatkan sehingga temperaturnya naik. jumlah udara yang di mampatkan disebut perbandingan kompresi.umum nya mesin bensin mempunyai perbandingan kompresi 15:1 crankshaft berputar 360 derajat atau satu kali putaran poros engkol. perbandingan kompresi dapat dirumuskan sebagain berikut
perbandingan kompresi = volume BDC/volume TDC
langkah kompresi bisa kamu liat di atas
3. langkah usaha
ketika bahan bakar dan udara masuk kedalam ruang silinder. dan sebelum piston bergerak menuju titik mati atas kira-kira 8 derajat sebelum TMA busi memercikan bunga api sehingga terjadi ledakan. sehingga energi hasil pembakaran akan mendorong piston menuju BDC yang dihubungkan ke batang penghubung sehingga memutar crackshaft dalam langkah ini posisi kedua katup dalam keadaan tertutup
......gambar bisa di lihat diatas ......
4. langkah buang
langkah buang adalah langkah terakhir dari siklus. pada saat langkah buang. katup buang membuka saat itu piston piston bergerak naik dan menekan gas hasil pembakaran ke luar dari silinder. sebelum sampai pada titik mati atas TDC. katup buang membuka , katup masuk membuka, dan siklus di mulai lagi. batang penghubung memutar crankshaft 180 derajat

.....gambar dilihat di atas ......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar